Rabu, 10 Agustus 2011

ketagihan 'CARI DUIT'

hahaha ini sih gara-gara beberapa kali nemenin DANUS jualan...
ceritanya, aku salah satu panitia kegiatan dari Ormagika, yaitu Nutrition Fair (Nutfair). seperti pada umumnya kepanitiaan-kepanitiaan di FKUB terutama, dana yang dikucurkan buat suatu proker tu dikit, udah gitu lama banget cairnya. So disinilah diperlukan suatu jalan keluar gimana caranya menghasilkan uang. Selain mencari sponsor dari perusahaan-perusahaan yang lebih sering dapet "Penolakan" daripada "Persetujuan" kerjasama, akhirnya kita harus pinter cari jalan lain buat menghasilkan uang. yaitu melalui JUALAN.

Yak, hampir 2 bulan ini kita jualan apa ajah, makanan, snack, dll n berhubung bertepatan dengan bulan ramadhan nih, kita jualan jilbab, oleh2 buat yang mau pulang kampoeng n jualan Takjil. yang paling seru tuh jualan takjil. Di malang sekitar universitas brawijaya ini ada 2 tempat yang pasti setiap tahunnya pas bulan ramadhan rame dipenuhi oleh orang2 yang berjualan takjil. Di sepanjang jalan soekarno hatta dan jalan veteran tepatnya. Kita mengambil tempat di jalan veteran. diawali dengan berangkat jam 2 siang untuk berburu tempat "mangkal" sambil nunggu takjil/ minuman yang kita jual diambil. kita gag buat sendiri sih, tapi kita minta tolong ke orang lain untuk dibuatin minuman takjil. kita mulai jualan sekitar jam 3 sampai adzan magrib. dan itu menuntut TOTALITAS dalam arti BERANI MALU, STRATEGI, KERJA SAMA (praktekin mata kuliah entrepreneur nih, hhaahaha) kalo gag ada itu semua, dijamin dah berapapun makanan yang kita jual, paling hanya dilirik segelintir orang. Dan perjuangan mendapatkan pundi-pundi uang itu memang susah setengah mati. Disaat puasa kita harus berteriak-teriak, membawa tulisan-tulisan, membawa nampan berisi minuman, kita mencoba menawarkan minuman yang kita jual. Hasilnya ada yang mampir untuk beli, tapi gag sedikit pula yang hanya membalas tawaran kita dengan senyuman, tertawa, cibiran, dll. tapi itulah seninya, yang bikin kangen, bikin ketagihan jualan lagi-jualan lagi. apalagi kalo waktu dah mepet tapi barang masih banyak.. OMG semakin menjadi-jadi lah kita dalam menawarkan.haha^^

Tapi syukurlah, meskipun gag banyak, tapi setiap harinya kita dapat untung yang Lumayan Lah...alhamdulillah (walopun panitia tetep aja disuruh beli,hohoho kolegalitas reek^^)
hari ini terakhir jualan takjil, tapi masih ada jualan-jualan lain yang perlu digencarkan promosinya, yaitu jualan oleh-oleh..

hmm jadi mikir,,taun depan jualan ahh..lumayan nambah tebel kantong,hohoho

2 komentar:

  1. Jualin barang dagangan saya donk..
    hahaha

    BalasHapus
  2. haha emangnya barang apa dulu niih??
    kalo emang bisa bantuin ya boleh aja,, asal dapet komisi.hohoho =)

    BalasHapus