Senin, 09 Januari 2012

Resolusi di awal tahun

ini tulisan pertamaku di awal tahun 2012. sebenarnya udah hampir 9 hari lepas dari tahun 2011. hehe tapi gag ada salahnya kog menyusun resolusi..

*bentar.bentar, sebenarnya apa se resolusi itu? kog di infotainment itu pada ribut nanyain resolusi 2012 ke artis-artis?? haha.. oke kita bedah disini *upss :)

Resolusi adalah sebuah harapan, cita-cita atau bisa juga planning yang akan kita capai setahun ke depan. Jadi semacam rencana jangka pendek yang kita susun dan harapannya dapat kita wujudkan.

Tapi kalo sekedar menyusun resolusi doang, buat apa coba?? resolusi tanpa disertai dengan bagaimana cara pencapaiannya adalah suatu hal yang sia-sia. ibaratnya kita pengen pergi ke suatu tempat tapi gag tau harus naik apa, biayanya berapa, lewat mana, bakalan nyasar ato malah gak nyampek tujuan..

Menyusun resolusi harus didasarkan dengan beberapa hal. resolusi kita harusnya punya unsur :
  • terukur/bisa diukur, jadi punya indikator keberhasilan.. seperti apa sih resolusi/target kita dapat disebut berhasil atau gagal
  • masuk akal, jelaslah target yang kita susun jangan yang muluk-muluk n gag bisa dicapai, ujung-ujungnya bikin kecewa
  • ada makna di balik semua rencana, rugi dong kalo misal nyusun resolusi cuma ikut-ikutan tanpa ada makna atau maksud dibalik kerja keras kita mencapainya
  • sedikit tapi terencana, gag perlu nyusun banyak-banyak resolusi, pikirkan resolusi yang paling utama dan rencanakan sebaik mungkin, supaya sedikit resolusi itu bisa tercapai dengan sempurna. ibaratnya sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit :)
Satu lagi pertanyaan nih,, benarkah resolusi itu disusun di awal taun aja?? aku sebenernya gag tau, hehe tapi mungkin awal taun itu merupakan awal langkah kita, jadi kita harus punya tujuan, harus punya target yang gunanya sebagai landasan apa yang kita kerjakan selama periode waktu kedepan. tapi gag tentu resolusi harus diawal tahun kog.. bisa kapan aja, dan yang pasti ada perencanaan pencapaiannya..



ayo mulai menuliskan resolusimu.. gag perlu banyak-banyak ato muluk-muluk.. dimulai dari introspeksi diri.. membenahi kekurangan di tahun sebelumnya, menambah kebaikan di tahun kedepan dan merencanakan target target kecil yang perlahan tapi pasti akan kita capai suatu hari.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar