Rabu, 15 Februari 2012

Jogja Part 1 : Upacara Sekaten



kebetulan yang menguntungkan..
Berhubung aku ke jogja pas waktu maulud nabi, yaitu tanggal 5 februari 2012 kemaren, jadinya pas ada acara besar di keraton jogja. Setauku Cuma ada acara gerebeg gunungan aja, tapi ternyata ada acara sekaten sebelumnya.

Apa se sekaten itu??
hmm aku juga gag paham sebenarnya.. kalo mau jelas baca aja disini :) Haha sebenernya sekaten itu semacam pasar malem yang diadakan 1 bulan sebelum acara puncak yaitu upacara sekaten (malem maulid nabi). Sekaten ini diadakan di lapangan alun-alun utara keraton jogja. Selain itu selama 6 hari sebelum puncak upacara sekaten ada gamelan yang dibunyikan siang malam secara terus menerus di keratin jogja. Pas sore harinya (sekitar jam 5.an sore, sebelum magrib) sebelum upacara sekaten, gamelan itu diboyong ke bangsal/gapura yang ada disisi kanan dan kiri masjid agung/masjid gede Jogjakarta. Setelah nyari info ternyata namanya bangsal trajumas dan bangsal srimanganti.

Nah waktu itu lagi ujan dueres lho, tapi tetep aja tradisi itu tetep berjalan dengan iring-iringan orang-orang/abdi dalem keraton yang membawa gamelan untuk dipindahkan itu dengan jalan kaki tanpa pake alas kaki. Wooo… :D
Setelah Tanya-tanya ternyata gamelan tadi baru akan dibunyikan setelah sholat isya (sekitar jam 8 malem), so sambil nunggu waktunya tiba aku n 3 temenku mau mengisi perut dulu.. hehe banyak banget penjual makanan disekitar tempat ini, kebanyakan jual nasi gurih (nasi kuning dengan lauk kering tempe, serundeng, kemangi, daging ayam, kacang goreng, yah kayak nasi kuning pas acara tumpengan gitu lah, hehe..) cukup keluarkan uang Rp 5.000/porsi, tapi gag kenyang booo’, soalnya nasinya duikiit banget, haha.. setelah itu minumnya ronde, pas banget ujan-ujan minum yang anget-anget…



Nah setelah adzan isya, dimulailah persiapan upacara sekaten itu tadi. Dimulai dengan iring-iringan para prajurit pake baju merah n hitam kemudian diikuti para abdi dalem keraton jogja mulai masuk ke kompleks masjid agung. Untunglah posisiku n temen2 strategis jadi bisa liat secara deket.. karena bingung n gag paham acaranya kaya’ gimana, akhirnya kita ngikuti arus aja kemana orang2 pada berlarian.. setelah para abdi dalem masuk gedung depannya masjid agung, aku n orang-orang pada berebut masuk kompleks masjid agung lewat pintu samping kanan n kiri sebelum akhirnya pintu itu ditutup untuk menghindari penuhnya manusia2 didalam kompleks yang liat langsung upacara sekaten itu. Sambil menunggu munculnya sri sultan datang, para prajurit telah siap disepanjang jalur kearah bangsal trajumas dan bangsal srimanganti (tempat gamelan dibunyikan).



Katanya bapak-bapak prajurit yang semapat q ajak ngobrol, nanti sri sultan akan membagi-bagikan uang ke masyarakat disitu, uangnya berupa koin Rp 500,- yang katanya berbagi-bagi rizki dan orang yang dapet uang itu apet berkahnya gituu..
Pantesan ketika sri sultan menebar uang koin-koin itu orang-orang pada berebut untuk dapetin. Aku yang sempat ikut masuk dikerumunan orang2 akhirnya mundur daripada keinjek-injek demi 500 rupiah, hehe.. Setelah membagi-bagikan uang itu, sri sultan menuju masjid agung untuk mendengarkan ceramah memperingati maulid nabi sampai jam 11 malem.. dan malemnya sekitar jam 12 malem, gamelan tadi bakal diboyong lagi ke tempat penyimpanannya di keraton jogja yang artinya upacara mauled nabi telah selesai. Tapi acara peringatannya belum selesai, esoknya ada acara gerebeg gunungan sekaten di alun-alun utara jogja dan masjid agung itu..
Hmm, cukup seru juga acaranya dan keratin jogja tetap mempertahankan tradisi ini tak peduli ada halangan apapun termasuk ketika acara tadi hujan tak berhenti mengguyur jogja.. Sebelum pulang, foto2 dulu dengan prajurit2nya, haha (gag bisa foto sama sri sultan siih :D)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar