Selasa, 12 Juli 2011

'diEt' KeuangaN

hmm terinspirasi dari salah satu rubrik di majalah AULIA edisi bulan Juli 2011. .
Krisis keuangan. Bisa dpastikan byk bgt orang yg merasakan hal ini termasuk aku sendiri. uang bulanan yang harusnya ada sisa buat dtabung bisa 'amblas' gara2 gag bisa menahan 'hasrat' buat belanja. .
mungkin cewek banget ya,identik dg ratu belanja,,hehe
nah,dsni qta bakal tau,beberapa cara yg mgkn cukup efektif buat menekan pengeluaran 'gag penting'..
1.niat n k0mitmen
niatkan pada diri sendiri untuk membuang kebiasaan mengeluarkan uang buat barang/hal gag penting. Buat perjanjian dengan diri sendiri,,
2.m0tivasi
ingatkan dirimu,ketika qm bisa menekan pengeluaran gag penting tiap bulannya,pasti qm bisa nambah tabunganmu,,pasti seneng bgt liat tabungan berisi dari hasil 'diet' qta =)
3.buat rekening Bank khusus tanpa ATM
jadi tiap bulan minta ortumu transfer ke rekening itu,,ambil uang secukupnya aja. Fungsi tanpa Atm,biar kita gag mudah ambil uang untuk hal2 g perlu,ini kan rekening tabungan,,kalo untuk kebutuhan mendadak,buat rkening lain yg pake atm
4.buat catatan pemasukan+pengeluaran tiap bulan
tentukan pos-pos pemasukan n pengeluaranmu tiap bulan,misal buat makan brapa,buat kost brapa,bensin,ftokopi,dll.tentukan jg besar n0minalx,k0ntrol jgn sampe melebihi batas..
5.belanja seperlunya
beli semua kbutuhan bulananmu di awal bulan, cri supermarket/minimarket yg hargax trjangkau n punya disk0nan yg bisa menyisakan uang di pos kebutuhan bulanan. Usahakan gag usah lirik barang2 yg gag perlu. Intinya jaga mata n jaga d0mpet haha =)
6.N0 ATM Pas Jalan2
sapa bilang hemat gag boleh jalan2 ke mall,k tmpt2 wisata?cuma sbelum k tmpt wisata ato ke mall,siapkan uang pas n gag usah bawa atm. .kan niatx jalan2,bukan belanja. .ini salah satu cara biar gag seenakx bli ini itu,skaligus belajar menahan keinginan..
Nah itu si rangkuman yg aku dapet dr rubrik majalah tsb. .trus ada tambahan dr hasil seminar
7.keajaiban rezeki
Udah hemat ni,tp kan byk kbutuhan mendadak kayak pgn ikud seminar dll,,mengutip kata Pak Ippho,smua itu bisa terjadi asal ada niat n usaha. .pgn ikt seminar tanpa ngeluarin uang,berarti harus keluar tenaga.coba deketin panitia,kita tawarin kerjasama,,qta jual tiket brapa biar qta bisa ikt sminar tnpa keluar uang..oke kan?haha *perlu dtiru tuh*
aku jg bru menc0ba menerapkan,sapa tau brguna buat kalian.berbagi ilmu itu kewajiban.sem0ga bermanfaat =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar