Sabtu, 16 Juli 2011

Kestari Vs Sekretaris


hahahaha kestari n sekretaris,,dua hal yang intinya sama aja bergelut di bidang kesekretariatan.. entah mulai kapan, mungkin dari SD, aku udah akrab banget sama dunia ini, berteman dengan kertas, pulpen,dan alat tulis lainnya.. tapi bedanya disetiap tahap atau jenjang memiliki perbedaan tugas dari sie kesekkretariatan ini..

1. Sekretaris Kelas

Sekretaris kelas itu memiliki tugas melayani segala kebutuhan warga kelasnya. dalam arti menghandle absensi siswa, absensi guru, surat-surat dan lain-lain. tapi sekretaris kelas waktu SMP/SMA beda lagi sama waktu kuliah, hehe bedanya tuh kalo pas kuliah ketambahan satu tugas yaitu membuat jarkomting kelas yang gunanya untuk memperlancar arus informasi di kelas itu sendiri... tapi tetep aja temennya ATK =)

2. Sekretaris Organisasi pas SMA

Sekretaris organisasi di SMA itu fungsinya hampir sama dg sekretaris kelas, tapi yang dihandle adalah organisasi dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. tugas n fungsinya lebih luas karena tidak hanya menyangkut benda hidup alias manusianya tapi juga benda-benda mati seperti perlengkapan organisasi seperti bendera dll yang disebut inventaris organisasi. selain itu tugas sekretaris disini sebagai pusat pengarsipan berkas-berkas yang dimiliki oleh organisasi tersebut, misal AD/ART dll. tetapi tetep yang namanya absensi n surat-surat juga tak lepas dari tugas sekretaris tersebut

3. Kestari Organisasi
wooo awalnya aku tau yang namanya kestari itu setelah masuk kuliah..apa se kestari itu? setelah diusut2 tak lain n tak bukan yang namanya kestari itu sama kaya sekretaris pas SMA. yang diurus pun juga sama cuma beda istilahnya aja se, padahal kepanjangannya sama-sama kesekretariatan.hehehe untuk tugas-tugasnya mungkin lebih detail lagi ya, kalo pas SMA yang aku kerjain memang sama persis sama yg sekarang ku kerjain di kestari HMJku (ORMAGIKA,red) cuma di kestari ini aku juga punya tugas tambahan untuk mengurusi masalah Proposal LPJ kepanitiaan yang dulu semasa SMA dihandle langsung oleh OSIS. selain itu ada juga infokom yang masuk di kestari yg ngurusi web, email, fb n lain sebagainya yg fungsinya sbgai pusat informagi lembaga. ya mungkin bisa dibilang kestari organisasi pas kuliah tu setingkat lebih tinggi daripada sekretaris organisasi pas SMA :)
4. Kestari Kepanitiaan
kalo kestari kepanitiaan lebih fokus pada kegiatan yg kan kita selenggarakan, tugasnya mbuat proposal lpj dekanat, surat-surat (surat ijin, undangan,dll), berita acara, absensi, buku tamu, proposal lpj sponsorship, nametag, sertifikat, kilas balik proker, notulensi dll. intinya kalo pengen bener-bener nambah pengalaman administrasi mending ikut kestari kepanitiaan :)

5. Sekretaris Organisasi n sekretaris kepanitiaan

dua hal diatas memiliki tugas yang hampir sama, tapi beda dengan sekretaris kelas ataupun sekretaris organisasi pas SMA. tugasnya mengatur segala hal yang ada di organisasi/kepanitiaan itu ato bisa dibilang wakilnya ketua dibidang administrasi n ibuknya kestari. sekretaris disini menghandle jadwal, menghandle timeline, membuat notulensi setiap rapat dan mengontrol kinerja staf atau orang-orang dibawahnya. jadi tugasnya lebih ribetlah daripada tugas kestari,hehehehe :)

nah ntu dia beberapa orang atau istilah yang berhubungan deket sama dunia kesekretariatan,,
intinya kestari atau sekretaris itu "menghandle", apapun yang dihandle tetep aja hubungannya dengan administrasi... so kesekretariatan itu assiiiik kog =)

3 komentar:

  1. ini kenapa simbol semua tulisannya

    BalasHapus
  2. haloo! yang mau baca, di copas ke ms.word terus ganti font ke times new roman/font abjad biasa lainnya yaa.
    aku udah coba, dan bisa dibaca jelas kok.
    sudah jelas, ini writer blog nya salah font saat upload

    BalasHapus